Soal Wacana Pemangkasan Gaji ke-13 dan THR ASN, Begini Tanggapan Ketua ICMI Orwil Jabar

oleh -215 views
Ketua ICMi Orwil Jabar Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag.

LimaQa.com – Tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) terancam dipangkas. Saat ini, pemerintah lebih memprioritaskan anggaran belanja negara untuk menanggulangi pandemi virus corona (COVID-19).

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengaku pemerintah masih mengkaji kebijakan pencairan tunjangan THR dan gaji ke-13 bagi PNS.

“Kami bersama Presiden meminta kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke 13 apakah perlu dipertimbangkan lagi mengingat beban negara meningkat,” kata Sri Mulyani saat raker bersama Komisi XI DPR secara virtual, Jakarta, Senin (6/4/2020) lalu.

Menanggapi rencana Pemerinntah memangkas gaji ke-13 dan THR ASN, Ketua ICMI Orwil Jabar Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. mengatakan sebaiknya istilah tersebut diganti.

“Sebaiknya istilah yang digunakan pemerintah dalam situasi perkembangan penyebaran Virus Corona yang semakin meningkat, seluruh ASN dihimbau/diwajibkan untuk ikut berpartisipasi aktif solidaritas menanggulangi atau melawan atau mencegah penyebaran virus corona”, ujar Najib.

Baca Juga: THR dan Gaji Ke- 13 PNS Terancam Tidak cair!

Najib menambahkan, bantuan tersebut bisa berbentuk uang sejumlah gaji ke-13 dan THR yang di koordinir lanusng oleh pemerintah.

“Bantuan konkritnya adalah dalam bentuk uang sejumlah gaji ke 13 dan THR dari semua ASN. Sehingga dengan himbauan demikian para ASN berniat untuk membantu dan menyumbangkan dana untuk kepedulian kemanusiaan dalam pencegahan virus Corona”, papar Najib.

“Kalau niatnya untuk bersodaqoh maka semua ASN mendapatkan pahala. Tapi jika kebijakannya itu semata karena pemotongan gaji dan THR dengan alasan tidak ada anggaran mungkin dirasakan kurang pas karena bisa jadi dengan atas nama kebijakan pemotongan itu membuat mereka resah dan merasa terkurangi pendapatannya, tapi kalau atas nama solidaritas kemanusiaan dan kepdulian sosial seluruh ASN terhadap pencegahan penyebaran virus Corona itu bisa menjadikan mereka merubah niat untuk bersodakoh dan mereka mendapat pahala” tambah Najib.

Najib menjelaskan, Pemerintah perlu mengumumkan secara lansung himbauan kepada ASN untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

“Pemerintah perlu mengumunkan secara lansung kepada seluruh ASN untuk berparitispipasi dan memiliki solidaritas kemanusiaan dan menyampaikan kepeduliannya terhadap negara untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus Corona dalam bentuk tindakan konkrit berupa bantuan dana. yang diambilkan dari gaji ke 13 dan THR ASN”, jelasnya.

“Secara simbolik supaya nampak bahwa itu bantuan ASN perlu dilakukan bentuk penyerahan simbolik bantuan ASN yang diwakili oleh Ketua Korpri tingkat pusat kepada Negara yang diwakili oleh Menteri Keuangan”, pungkas Najib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *