30 Nakes Positif Kabupaten Bandung Bertugas di 10 Puskesmas di Kota Bandung

oleh -468 views

Limaqa – Teka-teki asal puskesmas dari 30 tenaga kesehatan yang terinfeksi positif virus corona mulai terjawab. Ternyata, 30 tenaga kesehatan tersebut berasal dari 10 puskesmas yang ada di Kota Bandung.

30 nakes ini merupakan warga yang berdomisili di Kabupaten Bandung. Mereka dikembalikan ke daerahnya masing-masing setelah diketahui terinfeksi virus corona. Mereka berasal dari 14 desa yang saat ini diperketat oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana. Ia mengatakan, 30 nakes tersebut berasal dari 10 puskesmas yang ada di Kota Bandung.

“Setelah kami amati itu terdiri dari beberapa puskesmas, mungkin kurang lebih ada 10 puskesmas,” jawab Grace saat ditanyai terkait asal nakes asal Kabupaten Bandung tersebut, di Kecamatan Banjaran, Kamis (9/7/2020).Grace masih enggan menyebutkan nama-nama puskesmas tersebut. Meski demikian, 30 nakes tersebut sedang dalam pengawasan Dinkes Kabupaten Bandung.

Grace menyebutkan, 30 nakes tersebut bukan hanya tenaga medis saja. Melainkan, beberapa tenaga keamanan dan administrasi yang juga tertular.

“Tenaga kesehatan ini bervariasi mulai dari perawat, bidan, satpam, nutrisionis kemudian administrasi,” ujar Grace.

Grace menduga penyebaran tersebut bukan hanya terjadi pada saat tenaga medis melakukan perawatan. Melainkan menulari orang yang berada di satu wilayah atau puskesmas tersebut.

“Jadi saya kira ini penyebarannya bukan hanya di pelayanan (saat perawatan pasien) tapi di satu wilayah tersebut,” duganya.

Mereka kini sedang dalam perawatan dan isolasi. Sebagian dirawat di RSKIA dan sebagian lagi diisolasi di Balai Latihan Kerja Baleendah. Saat ini, Dinkes Kabupaten Bandung terus melakukan tracing dan tracking kepada orang-orang terdekat pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *